Home perjalanan Inilah 4 Tempat yang Dirahmati di Bumi dari Kisah Para Nabi

Inilah 4 Tempat yang Dirahmati di Bumi dari Kisah Para Nabi

112
0
SHARE

Seluruh nabi yang diutus Allah Swt. memiliki kewajiban menjalankan risalah Tuhan untuk diri dan keluarganya. Misi ketauhidan yang diemban para nabi ini sesuai dengan letak geografis dari tempat kelahiran dan di mana mereka dibesarkan. Beberapa tempat yang menjadi lokasi dakwah mereka ini menjadi tempat yang dirahmati oleh Allah Swt.

  1. Mekah

Kota yang mendapatkan julukan kota yang mulia ini (makkatul mukarramah) adalah tempat berdirinya kakbah sebagai kiblat salat seluruh umat muslim di dunia. Terletak di negara Arab Saudi, Mekah adalah destinasi utama dari ibadah haji dan umrah.

Hadis riwayat Tirmidzi menerangkan bahwa Mekah adalah sebaik-baik tempat di bumi serta tempat yang paling dicintai oleh Allah Swt. Hadis lain menguatkan keistimewaan kota ini dengan menyebutkan bahwa Dajjal tidak akan mampu masuk ke Mekah, karena senantiasa dijaga oleh malaikat di setiap sisinya.

Status kota Mekah sebagai kota suci telah ditetapkan sejak penciptaan langit dan bumi dan akan terus berlanjut hingga akhir zaman seperti yang tercantum di dalam riwayat Bukhari dan Muslim. Nabi Ibrahim AS. secara khusus juga memanjatkan doa untuk Kota Mekah agar senantiasa aman dan terjaga ketauhidan manusia di kota ini.

Keistimewaan lain dari kota ini adalah tempat-tempat diijabahnya doa di area Masjidil Haram. Bahkan keutamaan salat di Masjidil Haram setara dengan seratus ribu kali salat di tempat lain di muka bumi ini.

  1. Madinah

Kota mulia kedua setelah Mekah ini secara khusus didoakan oleh Rasulullah SAW untuk keberkahannya. Nabi Muhammad saw. pada awalnya memohon kepada Allah Swt. agar ditempatkan di tempat yang tidak kalah baik dengan kota Mekah ketika diusir oleh kafir Qurais, kemudian Madinah menjadi jawaban dari doa beliau.

Di kota inilah Rasulullah saw. menyampaikan dakwah Islam selama kurang lebih 13 tahun. Bisa dibayangkan pengaruh Islam yang begitu mengakar mulai dari kehidupan personal hingga kenegaraan di masa itu, karena langsung di bawah arahan Rasulullah saw.

Selain tidak akan dimasuki oleh Dajjal seperti Kota Mekah, keistimewaan lain dari kota ini adalah dijauhkan dari penyakit Tha’un atau lepra¬† yang sempat menjadi wabah di masa kenabian. Madinah juga menyandang gelar kota haram dimana didalamnya tidak diperkenankan memotong pepohonan maupun membunuh hewan buruan.

Jika tumbuhan dan hewan saja begitu dilindungi apalagi manusia yang memiliki derajat lebih tinggi dibanding keduanya. Hal ini menguatkan Madinah sebagai kota yang dirahmati Allah Swt.

  1. Kota Tarim

Kota kecil di negara Yaman ini merupakan salah satu kota yang didoakan Rasulullah agar memiliki penduduk yang berhati lembut serta menjadi pusat ilmu. Banyak keturunan Nabi Muhammad saw. (ahlul bait) yang menetap di Kota Tarim ini. Yaman identik dengan fikih, iman, dan hikmah yang begitu banyak.

Selain memiliki jumlah masjid yang sangat banyak, Kota Tarim juga memiliki peninggalan sahabat nabi dan madrasah yang cukup berpengaruh dalam perkembangan keislaman di dunia. Warga Indonesia cukup banyak yang memilih mencari ilmu syariah di Yaman karena banyaknya pakar di sana.

  1. Negeri Syam

Negeri Syam merupakan sebutan untuk daerah yang terpecah menjadi beberapa negara pada saat ini. Negara-negara tersebut adalah Suriah, Palestina, Yordania, dan Lebanon. Syam adalah negeri yang diberkahi selain negeri Yaman.

Meskipun mayoritas negeri Syam dilanda konflik berkepanjangan hingga saat ini, tapi hal tersebut tidak mengurangi keberkahan negeri ini. Syam dikatakan dalam sebuah hadis akan menjadi salah satu tempat bangkitnya kekuatan perang Islam di akhir zaman.

Salah satu wilayah Syam juga disebut tidak akan dapat dimasuki Dajjal. Tempat tersebut yaitu Masjidil Aqsa yang menjadi bagian dari Palestina saat ini. Para sahabat nabi dulu berbondong-bondong tinggal di negeri Syam ini karena keberkahan yang dimilikinya.

Demikianlah beberapa tempat yang dirahmati Allah Swt. di bumi ini. Semoga setiap muslim berkesempatan mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan penuh berkah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here