Home perjalanan Inilah 3 Masjid Bersejarah yang Perlu Disinggahi Saat Melakukan Halal Tour Eropa...

Inilah 3 Masjid Bersejarah yang Perlu Disinggahi Saat Melakukan Halal Tour Eropa Timur

49
0
SHARE

Keindahan arsitektur hingga napak tilas sejarah Eropa kerap menjadi daya tarik bagi para wisatawan dari seluruh dunia. Akan tetapi, wilayah Eropa Timur sering dihindari oleh sebagian turis muslim. Alasannya tak lain karena khawatir bakal kesulitan saat mencari sajian halal di kawasan Eropa tersebut. Padahal bila menggunakan jasa travel halal tour Eropa yang tepat, restoran halal tak sulit ditemukan.

Bukan cuma  itu, Anda pun bisa mengunjungi lokasi-lokasi yang ramah muslim sekaligus menarik untuk didatangi. Adapun lokasi yang tak bakal ketinggalan dalam halal tour Eropa adalah masjid. Terdapat 3 masjid yang tersohor di kalangan turis muslim ketika melakukan halal tour di Eropa Timur. Masjid apa sajakah itu? Simak saja ulasannya berikut ini.

  1. Masjid Darussalam di Budapest, Hungaria

Meskipun penduduk beragama muslim terhitung minoritas, tapi kenyataannya Budapest merupakan kota yang banyak menyediakan fasilitas hingga sajian halal. Terletak di Jalan Bertalan Lajos, Masjid Darussalam menunjukkan tampilan arsitektur khas Eropa yang menawan.

Masjid yang berukuran besar ini disebut sanggup menampung hingga 500 orang jamaah. Anda pun dapat mengakses masjid Darussalam setiap waktu. Pasalnya, masjid ini selalu terbuka untuk umum.

Serunya lagi, sebagai turis asing, Anda akan sangat dimanjakan di sini. Soalnya, pihak pengelola masjid menyediakan guide berbahasa Inggris untuk turis yang tak dapat berbicara dengan bahasa Arab ataupun Hungaria.

Selain masjidnya yang megah, Anda juga dapat menemukan beragam sajian halal di sini. Beberapa restoran yang terdapat di wilayah Budapest: Al Amir, Szeraj, Antalya Kebab, Mughal Shahi, dan Meraat. Menu yang ditawarkan pun berlainan, ada yang menyajikan masakan India dan ada pula yang menawarkan sajian ala Pakistan hingga Persia.

  1. Masjid Brno di Ceko

Inilah masjid pertama yang berhasil didirikan di Ceko. Sebagai masjid yang didirikan di wilayah yang dahulu menganut komunisme, Anda mungkin bisa membayangkan tantangan yang dihadapi oleh muslim di Ceko.

Masjid yang diinisiasi oleh Yayasan Islam Brno di bawah naungan Asosiasi Mahasiswa Muslim Cekoslovakia ini, sempat ditolak oleh masyarakat setempat. Penolakan pun tak ayal dihadapi oleh pihak yayasan.

Untunglah ikhtiar dan pendekatan yang dilakukan oleh para muslim di Ceko kemudian dapat dipahami oleh masyarakat mayoritas. Masjib Brno pun berdiri di bagunan seluas 250 meter persegi. Meskipun tampak kecil, tapi suasana dan kenyamanan masjid sungguh terasa.

Kini, masjid Brno juga berperan sebagai Islamic Centre. Banyak komunitas maupun turis muslim dari berbagai belahan dunia yang singgah di masjid ini. Bila melakukan halal tour Eropa, pastikan agen travel Anda juga menyinggahi masjid Brno.

  1. Masjid Agung Moskow di Rusia

Sesuai dengan namanya, Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet adalah masjid besar yang sanggup menampung hingga 10.000 jamaah. Tidak tanggung-tanggung, masjid ini bahkan meraih predikat sebagai yang paling besar dan megah di seluruh Eropa.

Namun, bila menilik sejarahnya, masjid ini mulanya merupakan Masjid Katedral. Dibangun pada tahun 1904, Masjid Katedral kemudian diperbesar agar mampu menampung lebih banyak jamaah. Maka, hadirlah Masjid Agung Moskow sebagaimana yang dikenal saat ini.

Begitu besarnya animo masyarakat muslim mancanegara terhadap kehadiran masjid ini, hingga peresmiannya dilakukan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin. Momen tersebut pun dihadiri pula oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas, serta Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Nah, penasaran dengan kemegahan Masjid Agung Moskow ini? Kalau begitu, pastikan agen travel halal tour Eropa Anda bertandang ke sini, ya!

Menjalani halal tour Eropa membutuhkan banyak persiapan. Tidak hanya fisik dan dana yang mumpuni, tapi alangkah baiknya bila Anda juga mempersiapkan diri dengan wawasan mengenai objek-objek wisata yang akan didatangi. Dengan begitu, manfaat dan hikmah yang bisa Anda petik dari perjalanan tour keliling Eropa pun akan menjadi lebih optimal.